Selasa, 12 Agustus 2008

D - (minus) 1

Jumat 8 Agustus 2008,

19.48 WIB
Gue putus koneksi internet setelah Nila, Adri, Ida, Lucy, Winky dan Blek pamit dari konfrens room. Mereka alumni SMAN 37 angkatan 91 yang aktivis dunia maya. Kita selalu cela-celaan tanpa pernah dibawa masuk ke hati. Biasanye ada satu lagi dedengkot komunikasi semu itu, Tubil. Tapi dia gak nongol seharian.

“Lagi luluran ame fitting, kali,” kata gue kepada khalayak ceting yang nanyain keberadaan Tubil.
Nila kontan pamit offline. Alesanye juga pengen nyalon. Wajar deh, besok kan rencananya kita bakal ketemuan di ajang reuni. Jadi pada berlomba dandan.

Biasanya setelah mereka offline, gue ngelanjutin nyelesaiin kerjaan kantor. Atau nungguin SMS dari para boss panitia. Isinya instruksi ngumpul atau nyelesaiin agenda reuni yang belum dikerjain. Tapi malam ini kayaknye semua sudah kelar. Gue juga lagi gak mood nyelesain tugas kantor. Reuni memenuhi benak gue. Jadi gue mo langsung pulang aja. Istirahat setelah tiga malem kemaren kurang tidur.

Gue bunuh power PC. Monitor meredup dan mati. Tapi gue gak segera beranjak dari kursi kantor. Kuduk gue merinding membayangkan D-Day besok.

Ada rasa seneng, tapi juga sedih. Mungkin gak kebersaman kita tetep terjalin usai reuni? Waktu mau reuni pembicaraan kita jelas, soal mencari temen-temen, persiapan reuni dan rencana-rencana lainya. Tapi setelah ini mo ngobrolin apa ya? Mudah-mudahan reuni bukan puncak pertemuan kami yang terpisah 17 tahun. Soalnye dari reuni-reuni angkatan lain juga punya rencana muluk. Tapi akhirnya bubar juga di tengah jalan. Mudah-mudahan angkatan gue beda.

20.30 WIB
Tumben gue ude sampe di rumah. Bisanya paling siang jam 23.00 WIB baru pulang. Lebih tumben lagi, pager rumah ude di gembok. Lampu ruang tamu juga ude tewas. Padahal jam berapa pun gue pulang tuh lampu masih tetep nyala dan gembok cuma nyangkut. Gue telpon Ratu rumah gue yang ud tidur. Die bukain gembok dengan heran.

“Kirain bakal pulang pagi Pah, kan besok reuninya.”

“Pengen tidur cepet Bun, biar besok seger,” kata gue.

Die ude paham, kalo gue fokus pada satu hal pasti kayak orang autis. Susah dialihin. Jadi percuma kalo diambekin.

Sambil rehat gue buka HP. Ada SMS masuk dari Tubil dan Oion. Tubil minta dicariin adapter jack headpone dari gede ke kecil. Karena gue gaptek, SMS nye gue foward ke Yudha. Yang mengejutkan SMS Oion. “Deden gak bisa manggung. Alesanya gak bisa gue kasih tau.”

Gue terhenyak. Kacau dua vokalis di acara utama kagak bisa tampil. Karena sehari sebelumnye gue juga dapet SMS dari Suzan yang hilang mood nyanyi di reuni. Suzan bisa tampil, tapi dengan beberapa syarat. Gue menyanggupi persyaratannye.

Kalau Deden emang agak rumit. Gue pun maklum. Deden minta masalahnye cuma dikasih tau ke panitia tertentu aje. “Gak enak,” kata Deden beralasan.

Gue kontak beberapa panitia. Oion dan Lia, gue minta cari pengganti Deden. Karena telur di ujung tanduk, mereka mendapuk gue buat bawain More Than Words nye Extreme. Dengan getir dan grogi gue kabulin permintaan mereka.

The show must go on, tapi dengan syarat. “Peran gue di beberapa skena acara harus diganti orang lain. Gue aje bosen liat gue tampil melulu, apelagi alumni laennye,” kata gue beralasan. Lia pun mengubah rundown acaranye. Muhtad juga nelpon menginform surat suara untuk pemilu Iluni sudah jadi.

21.15 WIB
Niat gue tidur cepat gagal karena masalah para vokalis tadi. Sekonyong-konyong HP gue menyalak. Siska Kopi nelpon. Dia heran kenapa gue baek banget sama iparnya, Boy Rinaldi.

“Kenape lo beliin die tiket pesawat ke Jogja?”

Boy, Sang Kepsek emang dapet tugas ke Jogja mendampingi murid-muridnya yang lagi workshop film. Gue dan Tubil berprakarsa gantiin tiket kereta Boy yang berangkat pada 9 Agustus sore dengan pesawat pada 10 Agustus pagi. Biar Boy bisa dateng ke reuni karena punya tugas klarifikasi beberapa hal di reuni.

Kopi paham, tapi dia ijin gak bisa ikut persiapan acara karena musti hadir di ultah salah satu keluarganya. “Emang gue dongo ape. Boy kan yang ultah?” sergah gue. Dia ngaku juga.

Akhirnye gue minta dia bantuin mensukseskan Plan A dan Plan B rencana surprise Ultah Boy di reuni. “Janji lo ye. Jangan dibocorin ke siapa juga!”

Malam semakin larut, gue tetep gak bisa tidur. Deg-degan gue menghadapi D-Day.


(Written by Gamal Ferdhi 8/8/2008)

Tidak ada komentar: