Selasa, 05 Agustus 2008

Final Countdown


Final Countdown yang dirilis Europe taon 1986 kayaknya kena banget ama penantian alumni SMAN 37 angkatan 1991. Nih hari, kita semua lagi harap-harap cemas menghitung mundur – countdown- mulai dari H-4 (H minus 4) sampai finalnya, yaitu reuni di Bugs CafĂ©, Pondok Indah, Sabtu 9 Agustus 2008.

Sayangnye, tuh lagu kelupaan dinyanyiin waktu latihan terakhir kemaren, Minggu (3/7/2008) di Gaban Studio, Warung Buncit. Dari personil band, vokalis, music director, sampe koreografer, kagak satu juga yang ngingetin buat ngenyanyiin lagu yg nge-hits sampe awal kita masuk SMA itu. Mungkin lengkinganye Joey Tempest di awal lagu itu langsung menggoyahkan nyali para vokalis amatiran, jadi kita pun tau diri kagak perlu nyoba-nyoba deh.

Padahal Oion Nurdi, music director merangkap keyboardis di panggung reuni, sering mancing pake intronye Carrie, lagu yang sealbum Final Countdown. Gue cukup familiar ama nih lagu. Soalnye waktu kelas 3, Carrie sering dikulik Meidy sebagai media mengkhayal cewek 92 pujaanye yang menurut dia kyk Btari Karlinda (namanye gue rahasia in deh Med… he..he..).

Nah, tujuan Oion tuh biar pade maksain diri nyanyiin Carrie karena cita-citanye kan kyk smsnye: “latian ampe muntah.” Ternyata Oion sukses bikin Mail migren. Deden yang masuk angin musti direiki Bocil. Bahkan gue nyaris muntah. Sebabnye, terprovokasi tujuh jam (dari pkl 15 -22) tereak-tereak di depan mic cuma dengan dukungan enerji mie ayam. Padahal perut pribumi gue mendambakan sepiring nasi. Gak cuma itu, salah satu vokalis yang kerap mengampanyekan anti-MSG sampe diare, akibat lambungnye cuma diganjel mie ayam, walaupun hasratnye gasak soto kaki.

Tapi yang penting, latihan terakhir kemaren rame banget. Oion ngarahin semua musisi. Indra Doyok yang anaknye lagi meriang masih rela ngegebuk drum sampe 17.30. Trus digantiin ama Yudha. Agus Cabul bela-belain turun gunung dari Lido Sukabumi buat ngulik rhytm gantian ama Deden yang juga jadi vokalis utama bareng Noviar. Meidi yg baru nongol stelah 17 taon ngebetot bass. Lia jd koreografer merangkap vokalis. Bocil dan Lizta yang galak juga nyanyi skaligus jadi manajer latian. Dengan oktaf yang lebih tinggi dari badannye, suara Cici mendominasi nyanyi keroyokan reunited anthem “Ingatlah Hari Ini”. Di lagu ini semua crew diwajibin nyanyi.

Suzan, penyanyi kamar mandi kambuhan, bawain dua lagu cengeng. Die juga ditawarin Deden duet dalam “Eh Ujan Gerimis Aje” karya Bang Ben. Die diminta nyanyi lagu-lagu gothic metal dengan raungan gitar Adi Ayam van Depok. Untungnye Doyok ude pulang, jadi pade kagak bisa bawain drumnye. Suzan ama Adi maksa gue. Tapi gue cengar-cengir doang karena emang ude lama kagak nabokin drum. “Pokoknye kalo lo gak manggung, gue juga ogah,” kata Suzan diaminin Ayam. Kayaknye ‘rayuan’ ini pernah juga dilontarin ke Tubil yang dilamar jadi drumer, trus Tubil cerita ke gue. Waktu itu jawaban Tubil singkat,”so sweeeet.” Akhirnye tuh lagu gothic ditangguhkan sampe reuni berikutnya.

Serunye pas jam session. Hapal ape kagak, fals atau merdu urusan belakangan. Semua nyanyi berdasarkan napsunye. Dari yang melow, slow, regae sampe rock, heavy dan trash metal. Noviyar nyanyi lagu ape aje. Cengkoknye yang regae (karena lafal R nye selalu jelas) dimirip-miripin kayak Sebastian Bach. Mail juga merasa kyk Axl Rose. Setelah puas di sesi poto-poto, perwakilan Gemari ‘91 (Gerombolan Emak2x Arisan) Susu, Kopi, Yaprita bawain lagu-lagu lembek. Suzan ngeliatin doang. Perutnye melilit gara-gara ngembat mie ayam dingin. Keliatanye mereka lagi persiapan buat nyanyi di launching organisasinye yang digelar deket pemilu. Karena aktenye udeh diurus gratis di notaris Yaprita Sirait, MKn. Tapi dari semua yang nyanyi di jam session, cuma satu yang bikin gue terkesima. Waktu Deden nyanyiin lagu One nye U2. Suara Deden kayaknye masuk juga ke atmosfirnye Bono, pentolan U2.

“Bawain lagi Den pas reuni,” kata gue.

“Ogah ah… gue melulu. Bosen,” jawab Deden.

Di sela-sela acara bebas itu, Rona Moranta melontarkan ide buat arisan. Oion setuju seraya ngimbuhin arisannye di studio band aje. Dia juga usul seminggu atau sebulan sekali. Deden dan gue antusias. Rona nimpalin sekali-kali bisa juga di karaoke-an. Tapi gue nolak. Karaoke kagak manusiawi. Soalnye, musiknye kagak bisa salah. Lagian kalo nge-band sendiri kan satu lagu bisa variatif warna musiknye. Kayak waktu latihan lagu “I Can’t Get No - Satisfaction” yang bisa dibawain dalam versi Rolling Stones trus jadi reggae.

“Kalo nge-band bisa bebas jejingkrakan kyk anak metal,” kata gue. Meidi setuju, malah die nambahin usul, “yang menang arisan yang bayar studionye.”

Oke juga tuh usulanye, yang mao ikut daftar di Oion.

Tapi sebelom mikirin arisan kite suksesin dulu deh nih reuni yang tinggal empat hari lagi. Latihanye aje udeh ampe eneg, masuk angin dan mencret segala.

Written by Gamal Ferdhi (5/8/2008)

Tidak ada komentar: